Wempi Satria Wempi Satria

GTranslate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish Indonesian

Berlangganan

Isikan alamat email:

Google PageRank Checker

Sponsor Wempi

Pasang Iklan di Sini

Banner NoksPi 400x50

BBM Naik Lagi
Opini & Aspirasi - Sosial, Ekonomi dan Politik
Kamis, 08 Mei 2008 07:42

BBM bakal naik lagi, katanya bulan juni ini mo naik, katanya tidak lebih dari 30%, katanya sudah punya skenario untuk pemberian bantuan lansung tunai (blt) buat rakyat miskin, katanya ini terpaksa dilakukan untuk mengurangi beban apbn yang banyak terkuras oleh subsidi bbm akibat melonjaknya harga minyak dunia. katanya dan katanya.

Tapi wempi gak mau mikirin itu kata siapa? dan buat siapa?

Wempi cuma mo mikirin nasib wempi dan teman-teman kedepan, bagaimana dengan nasib wempi dan teman-teman yang hidupnya serba nanggung, dibilang miskin enggak - dibilang kaya juga enggak, mungkin bisa dibilang calon orang miskin ato bisa juga dibilang calon orang kaya jika bisa nimbun minyak sebelum bulan juni ini.

Yang pasti wempi dan teman-teman dengan kehidupan yang serba nanggung tidak akan mendapatkan blt. sudah pasti juga bakal merasakan dampaknya. rawan sekali.....

Walaupun pilihan ini sangat pahit wempi mendukung rencana pencabutan subsidi bbm ini, subsidi bbm tidak efektif maupun efisien karena orang-orang kaya juga ikut menikmati subsidi bbm tersebut, mendingan subsidi bbm dicabut aja dan pindahin ke sektor lain seperti; kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

Negara ini butuh orang-orang yang sehat, berpendidikan dan peduli sama lingkungan.



Komentar
Tambah Komentar Cari
Wempi  - bwt: ceritasenja     |222.124.130.xxx |2008-06-14 16:21:33
konsumsi bbm sesungguhnya lebih banyak pada kendaraan, kemudian industri, kemudian rumah tangga, orang-orang berteriak karena itu berdampak pada transportasi... mereka membutakan diri terhadap sifat konsumtif.
wempi kurang setuju terhadap subsidi kepada sektor yang konsumtif, kecuali untuk hal-hal mendesak seperti pemberian blt *sifatnya sementara*. kalo untuk selamanya seperti bbm yang notabene punya sifat ekonomi yang jelas tentang demand dan supply, wempi terang sekali menolak subsidi bbm.
mengenai otomotif wempi setuju dibatasi dengan cara cc nya ato jumlahnya ato pajaknya. tapi itu harus sejalan dengan pertumbuhan angkutan umum.
seperti bushway yang selalu didemo sewaktu menambah jalur/armadanya karena menimbulkan kemacetan, hehehe... sebenarnya apasih yang diinginkan rakyat indonesia yang suka demo ini.
ceritasenja  - to saudara wempi     |202.65.117.xxx |2008-06-14 00:30:18
ikut nimbrung, meskipun telat

menurut saya kebijakan menaikkan BBM itu memang tidak bisa dielakkan. orang2 yang menuntut BBM tidak naik itu tidak mau membuka matanya dengan realitas yang ada di Indonesia. gak realistis!!

saya setuju juga dengan pengalihan subsidi bbm ke hal-hal lain yang lebih tangible. tentunya dibarengi dengan pembenahan2 disana sini.

kalau dilakukan secara transparan dan proporsional itu sudah sangat membantu!

kebijakan yang berhubungan dengan industri otomotif juga sebaiknya ditinjau kembali. siapa yang mau menyangkal bahwa keberadaan kendaraan bermotor di indonesia ini terlalu banyak?! hal itu disebabkan adanya kelonggaran dan support berlebih dari pemerintah. masyarakat jadi dengan mudah mendapatkan kendaraan bermotor. bayar uang muka dikit, pulang udah bisa bawa motor.

kendaraan umum juga dioptimalkan keberadaannya.

menurut saya yang perlu diributkan adalah apa yang harus dilakukan paska kenaikan BBM!!!

tabik
vami varendra  - re: to saudara wempi   |125.164.212.xxx |2008-06-19 03:26:43
ceritasenja Tulis:
siapa yang mau menyangkal bahwa keberadaan kendaraan bermotor di indonesia ini terlalu banyak?! hal itu disebabkan adanya kelonggaran dan support berlebih dari pemerintah. masyarakat jadi dengan mudah mendapatkan kendaraan bermotor. bayar uang muka dikit, pulang udah bisa bawa motor.

tabik


mendapatkan kendaraan bermotor itu merupakan hak semua orang wem, jangan dipermasalahkan soal itu. Yang kita permasalahkan adalah bagaimana mengatasi kelonjakan pengguna kendaraan bermotor yang akan terus meningkat.
Wempi  - bwt: vami varendra     |222.124.130.xxx |2008-06-19 15:36:06
benar sekali om, memiliki kendaraan bermotor adalah hak semua orang, gak ada yang larang. tapi pemilik kendaraan harus terima juga dong harga bbm yang sebenarnya, enak aja mo bbm murah buat kendaraan pribadinya.
sedangkan yang gak punya kendaraan bermotor dengan bbm murah masih merasa mahal tuh.
bbm kalo masih mau di subsidi buat transportasi umum, nelayan ato ukm, tapi ini juga bukan solusi supir bus ato nelayan bisa alih profesi jualan bbm yang jadi jatahnya ke orang yang punya kendaraan pribadi *lebih untung jual bbm dari pada narik angkot ato melaut* huahaha, ini sudah banyak kejadiannya lho bahwa minyak bersubsidi dijual ke industri dan diselundupkan, gak kapok-kapok nya.

dan perlu diingat om, jangan sampai menuntut hak sendiri mengakibatkan hak orang lain jadi terlindas, ini kebablasan namanya.
anton   |125.162.59.xxx |2008-05-24 23:48:41
Hidup tu g' semuanya seperti yang kita mau boss..Mendingan apa yang direncanakan pemerintah benar2 untuk kepentingan rakyatnya. kita lihat aja gimana kedepannya...ya g' boss..??
Wempi  - bwt: anton     |125.162.87.xxx |2008-05-25 18:43:33
benar sekali bos, hidup itu adalah perjuangan. jalan hidup ini tidak selalu berjalan mulus ato sesuai kehendak kita, terkadang kita merasa hidup ini terasa sangat berat, tidak adil dan semacam nya. jangan pasrah begitu saja... kalo kita mau pasti ada jalan. pemerintah berpihak kepada rakyat bukan suatu keharusan tapi wajib.
anton  - ?   |125.162.75.xxx |2008-05-29 00:04:39
Wajib!! kata itu kalau diartiin ' HARUS ' dalam agama kalau ditinggalin dosa (PASTI) dikerjain ada pahalanya (tapi belum tentu) . ne tergantung kesungguhan n' kekusukannya,,betulkan bos Tapi pemerintah kita ngerti itu g' bos??? masak mau jadi pemimpin aja rebutan sampai ngeluarin kepeng banyak kali...Pasti ada maunya tu!!!
Wempi  - bwt: anton     |222.124.130.xxx |2008-05-29 14:39:37
hehehe, kalo ngomongin orang nya ato indvidu di dalam pemerintahan ada macam-macam perilaku dan perangainya bos gak hanya jelek yang bagus juga ada kok.

Wajib bos ngurusin rakyat, kalo sudah jadi pemerintahan. ya... kan kadang kita juga bermacam-macam dalam menilai kebijakan pemerintah...
vami varendra  - ikut nimbrung 2   |125.164.222.xxx |2008-05-22 02:15:14
Dan untuk masalah kesehatan,terutama rumah sakit, seharusnya rumah sakit itu mencari sponsor sendirilah untuk biaya orang miskin. Jangan mengandalkan subsidi pemerintah aja. Kalo disubsidi terus ampe kapan ? Ayo para perusahaan2, daripada bikin iklan dijalan2 dll lebih baik uangmu buat kesehatan rakyat kecil! Rumah sakit sendiri juga harus menyisihkan pendapatan dari obat2an, parkir dll untuk anggaran orang miskin tersebut.
Jadi kalo pemerintah belum membayarkan subsidinya gak akan repot.
Wempi  - bwt: vami varendra     |222.124.130.xxx |2008-05-22 15:37:31
Yup, rumah sakit boleh saja mencari sponsor untuk kesehatan orang miskin, menurut wempi pemerintah wajib membiayai rumah sakit, sekolah dan proyek-proyek lingkungan. kalo rumah sakit ditanya sampai kapan disubsidi, bagaimana dengan bbm sampai kapan juga bbm disubsidi apakah sampe energi fosil habis.
untuk perusahaan sekarang lagi banyak di dengungkan mengenai CSR dan itu kelihatannya sudah ada kemajuan.
vami varendra  - ikut nimbrung neh   |125.164.222.xxx |2008-05-22 02:10:28
Aku tidak setuju jika BBM dinaikkan sekarang. Masih ada solusi lain. Kenapa tidak gaji PNS aja yang dipotong ? misal gaji PNS yang diatas 2jt dipotong sekian persen termasuk gaji presiden dan pejabat2 lainnya. Brani gak pemerintah lakukan itu ? Untuk menghindari subsidi yang hanya dinikmati orang kaya caranya ya pajak2 kendaraan khususnya mobil dinaikkan, dan pajak2 lain yang dipunyai orang kaya juga dinaikkan. Gimana kalo pajak itu itung2annya sekian persen dari pendapatan, jadi tidak pukul rata gitu.
Dan untuk menghindari spekulan2 BBM diperlukan pengawasan yang ketat. Walaupun luas kita harus bisa. Jangan tidak bisa dengan alasan luas! ampe kapan pake alasan itu ????
Wempi  - bwt: Vami Varendra     |222.124.130.xxx |2008-05-22 15:23:04
Ma kasih sudah ikutan nimbrung, kita ini masih dikatakan negara berkembang, bagaimanapun juga kita mau tak mau harus ikutan main dalam ekonomi dunia, baik itu merugikan maupun yang menguntungkan. dalam apbn diasumsikan harga minyak sekitar USD96/barel barusan tadi pagi USD133/barel, kita mesti tunggu harga minyak dunia berapa? orang lain bilang jangan manjakan masyarakat dengan blt, wempi justru bilang jangan manjakan masyarakat dengan subsidi bbm. dg memotong gaji, akan ada masalah baru, pegawai akan cari sampingan korupsi makin tinggi, kpk kewalahan. mengenai pengamanan, Indonesia belum punya peralatan militer lengkap karena di embargo, baru-baru ini sudah dicabut dan baru mulai bergairah http://www.globalfirepower.com/country_detail.asp?country_id=26
untuk pajak kendaraan wempi setuju.
vami varendra  - potong gaji ada masalah baru   |125.164.212.xxx |2008-06-19 02:59:10
Wempi Tulis:
dg memotong gaji, akan ada masalah baru, pegawai akan cari sampingan korupsi makin tinggi, kpk kewalahan. mengenai pengamanan, Indonesia belum punya peralatan militer lengkap karena di embargo, baru-baru ini sudah dicabut dan baru mulai bergairah http://www.globalfirepower.com/country_detail.asp?country_id=26
untuk pajak kendaraan wempi setuju.


Kalo subsidi bbm dicabut resikonya harga2 akan naik, kemiskinan tambah banyak, banyak perusahaan menengah kecil jatuh pailit dll. Dan kalo gaji pejabat dipotong resikonya banyak korupsi dan kpk kewalahan kata wempi. Nah dari 2 pilihan diatas (subsidi bbm dicabut dan gaji pejabat dipotong) mana yang lebih gampang diatasi resikonya ?
Korupsi kan lebih gampang diatasi daripada harga2 naik dan kemiskinan bertambah. Ya hukum aja seberat-beratnya para koruptur itu biar gak terjadi korupsi lagi. Bukan KPK aja yang diikutsertakan dalam pemberantasan korupsi, tapi juga media-media lainnya kayak koran diikutsertakan juga untuk memberitakan hal-hal yang buruk. Dan jikalau KPK benar2 kewalahan kan bisa direkrut anggota2 KPK baru, sehingga pengangguran dapat diatasi walaupun sedikit.
Wempi  - bwt: vami varendra     |222.124.130.xxx |2008-06-19 16:13:29
harga naik itu akibat dari ketidak jelasan kapan keputusan diambil apakah mo naik apa tidak, sama juga dengan keputusan sewaktu menaikkan gaji pns, harga-harga sudah pada naik duluan.

menurut wempi lebih gampang mengurus barang dari pada orang.
vami varendra  - Sampai kapan subsidi bbm   |125.164.212.xxx |2008-06-19 03:16:20
Wempi Tulis:
dalam apbn diasumsikan harga minyak sekitar USD96/barel barusan tadi pagi USD133/barel, kita mesti tunggu harga minyak dunia berapa? http://www.globalfirepower.com/country_detail.asp?country_id=26
untuk pajak kendaraan wempi setuju.


Sampai kapan subsidi bbm dicabut ?
sampai negara ini bisa menghasilkan bahan bakar sendiri untuk rakyatnya, entah dari minyak or bio fuel dll. Jadi sekarang pemerintah harus meneliti, membuat dan memproduksi bahan bakar alternatif. Dan nantinya jika sudah memproduksi bahan bakar alternatif maka kendaraan-kendaraan diganti semua bahan bakarnya dari bensin ke bahan bakar alternatif tersebut. Terutama kendaraan2 pengangkut. Apa sebaiknya dikasih plat sendiri ya untuk kendaraan2 pengangkut bahan baku (misal plat hijau)? Dengan begitu kan bisa disubsidi bbm untuk transportasi sehingga harga-harga tidak terlalu jauh naik.
Wempi  - bwt: vami varendra     |222.124.130.xxx |2008-06-19 16:00:44
yang meneliti itu bukan pemerintah, hm... sebenarnya pemerintah itu tugasnya mensupport kegiatan rakyat, dalam hal ini misalnya para peneliti, baik itu dana, keamanan dll. itu lah makanya anak-anak negeri ini sekolah lah yang benar. coba kita lihat perusahaan yang dulu nya milik indonesia sekarang milik asing berjaya kan satu contohnya bca *disini wempi tidak setuju dengan keputusan menjual aset penting negara* tapi mo gimana sdm kita memang masih rendah, sistem pendidikan kita termasuk anggaran dananya juga masih rendah.
rakyat kita juga masih bangga berobat keluar negeri, berbelanja keluar negeri, tamasya keluar negeri, bekerja sebagai tki dari pada menanami ladang sendiri.
untuk transportasi umum wempi setuju untuk disubsidi tetapi bbg(bahan bakar gas) seperti yang sudah dilakukan terhadap beberapa bushway dan bajay karena kemungkinan bbg untuk diselewengkan, dijual kembali ato diselundupkan tidak ada.
sleepy   |202.93.47.xxx |2008-05-15 14:39:17
Setuju ma neng wempi, bbm musti dicabut subsidinya,,, kalo nunggu minyak dunia nembus USD200 per barel, bisa2 Indonesia bukan milik rakyat Indonesia lagi, tapi dah dijual ke negara laen buat nglunasin utang APBN. Paling banter dari kebijakan ne juga paling SBY turun dari jabatan
Sekarang tugas kita ngawasin pemerintah ja, biar duit rakyat ga jatoh ke tangan tikus2 tengil
Wempi  - bwt: sleepy     |202.93.47.xxx |2008-05-15 17:04:58
Kita ini memang kaya dalam hal sumber daya alam, tapi kita kere akan manusia2 yang sehat, berpendidikan dan peduli sama lingkungan. makanya pendidikan, kesehatan dan kepedulian terhadap lingkungan harus dinomor satukan dulu. setelah itu tentunya kekayaan alam kita bakal dieksploitasi secara bijak oleh kita sendiri. presiden harus berani walaupun jabatannya runtuh akibat gejolak sosial yang bakal timbul. btw... wempi bukan neng lho, hahaha
Adieska  - I have a Tag 4 U     |125.162.45.xxx |2008-05-10 05:08:16
Wem... Aku juga buat tulisan tentang masalah ini. Ditunggu komennya.
Wempi  - bwt: Adieska     |125.162.87.xxx |2008-05-11 23:06:08
Sip... thanks atas undangannya.
Perlu seorang presidan yang mempunyai keberanian yang luar biasa untuk mengambil keputusan ini.
yang mungkin saja berisiko sang presiden bakal kehilangan popularitas, dan juga parpol yang mengusung beliau berkemungkinan juga akan kehilangan suara pada pemilu yad.
Paling tidak dengan keputusan ini sang presiden sudah mengurangi beban presiden berikutnya, sehingga tidak perlu naikkan harga bbm lagi dengan asumsi bbm dunia stabil.
jika ada dipemilu seorang calon berjanji tidak akan naikkan bbm walaupun bbm dunia melambung, tidak usah dipercaya. mustahil...
Adieska  - Tambah lagi Wem     |125.162.45.xxx |2008-05-10 03:06:51
Oiya... Baru sebulan yang lalu TDL (Tarif Dasar Listrik) naik wem... Ingat nggak Loe??? Hallo... Open your eyes, mind and heart. Nangis nggak masyarakat kecil tau pemerintah yang diharapkan mereka membawa perubahan ke arah yang lebih baik malah menyengsarakan mereka, membawa mereka kedalam lembah kemelaratan???

Kalo pemerintah bijak dan negrti perasaan masyarakat, seharusnya dilakukan dulu survey daya beli masyarakat. Apa sudah membaik??? Sudah membaik kah wem??? Setelah survey baru analisis dan buat kebijakan. Itu baru Smart, Peduli dan Merakyat. Sudahkan itu dilakukan wem??? GATOT Pemerintahan SBY Anj*ng kalian itu.
Wempi  - bwt: Adieska     |125.162.87.xxx |2008-05-11 22:59:58
Biasakanlah hidup hemat energi, mulai dari rumah sendiri.
Survey daya beli akibat kenaikan bbm ada yang berpengaruh ada yang biasa aja ada juga yang tak berpengaruh sama sekali. imbangi semua informasi yang kita dapat, jangan hanya segi negatif, walaupun sisi negatif itu pasti ada.
Adieska  - 1 Lagi Wem     |125.162.45.xxx |2008-05-10 03:01:09
Kog nggak semua komen yang kutulis tampil ya???

1 lagi wem. Orang miskin masih dipersulit masuk rumah sakit, orang miskin masih dipersulit sekolah dan kuliah, orang miskin masih dipersulit dapat modal. Subsidi BBM mau dialihkan kesitu??? 1000% nggak ngefek. Nggak bakalan jalan.

Siapa bilang orang kaya aja yang menikmati subsidi BBM? Semua menikmati dan masyarakat kecil yang lebih menikmati. Kalo ada spekulan yang kau bilang itu, ya tugas pengawasan lah yang diperketat. Bukan mengorbankan rakyat. Think Smart Wem. Masalahnya berada di pengawasan, bukan yang lain. Jangan korbankan rakyat kecil karena mereka pemerintah kalian itu BOTOL (Bodoh dan Tolol) dan malas kerja.
Wempi  - bwt: Adieska     |125.162.87.xxx |2008-05-11 22:33:48
Jika mendengar&melihat sepihak saja memang akan seperti itu. coba imbangi. wempi pernah mengantar orangtua wempi berobat, pasien didepan wempi udah tua tapi gak ada yang membimbing (anaknya misalnya juga tidak ada) pasien tsb tidak membawa kartu berobat, sehingga petugas menyuruh untuk mengambilnya. sipasien tidak terima dan marah2 kok dipersulit. ini antrian sudah panjang, shg menarik perhatian wartawan yang kelihatannya memang standby disana jika ada kejadian yang bisa dijadikan berita, mohon maaf rekan wartawan. kita ketahui kartu berobat diperlukan untuk mengetahui rekap medik sipasien.
Bagaimana jika dibalik tidak semua subsidi bbm dinikmati oleh orang miskin orang2 kaya juga bisa nikmati kok, bahkan bisa borong
Pengawasan tidak mungkin dilakukan negara kita luas tidak sebesar negara singapura ato timor leste. kapal tangker dari negara lain main kucing-kucingan untuk beli bbm yang murah di dunia.
Adieska  - Wempi Makin Aneh     |125.162.45.xxx |2008-05-10 02:42:43
Wem... Loe kalo dikasih duit langsung jadi manja nggak? Pasti jadi manja kan. Nah kalo masyarakat miskin dikasih duit (Bantuan Langsung Tunai) apa nggak makin bloon. Bagus sekalian dikasih uang 5 juta per kepala keluarga. Biar bisa jadi modal. Kalo cuma 300rb per bulan untuk apa wem??? Cuma bisa makan 1 minggu. Loe mikir dong. Kalo emang loe dukung kebijakan pemerintah yang guoblok itu, kita nggak cuma berseberangan, tapi kita musuh.

Nggak ada toleransi lagi sama pemerintah. Buka mata wem... Masa dengan bangga Marie Elka Pangestu (Mentri Perdagangan kalian itu) jualan minyak goreng kesana-kemari. Apa itu solusi??? Dari dulu operasi pasar-operasi pasar-operasi pasar. Apa hasilnya? Hasilnya masyarakat terhimpit2, berantem berebutan minyak 2 liter. Ada yang sampe masuk rumah sakit, nangis keinjek-injek. Nggak merinding loe ngeliatnya wem???

Trus kalo dibilang subsidinya dialihkan ke yang lain, mana buktinya??? Masyarakat miskin masih banyak yang ditolak masuk rumah sakit. Ada lagi yang tetep nggak bisa sekolah padahal udah ada dana BOS dan sejenisnya. Mereka dipinggir jalan, jualan koran, jualan rokok, malah ada yang "ngelem" aja kerjanya. Pemerintah tau itu wem, mereka ngeliat kog.

Kalopun sekarang loe dukung kebijakan pemerintahan SBY sontoloyo ini, mudah2an tahun depan loe udah terbuka matanya dan nggak milih para "PENGKHIANAT RAKYAT" itu. Loe masih inget nggak, baru bulan lalu Tarif Dasar Listrik Naik Wem... Gila nggak tuh. Seenak udel mereka aja naikin harga-harga. Kalo bijak, survey dulu daya beli masyarakat, analisiss, baru naikin harga. Itu baru namanya peduli sama rakyat. Anj*ng emang pemerintah loe yang sekarang ini.
Wempi  - bwt: Adieska     |125.162.87.xxx |2008-05-11 21:57:58
Wempi bukannya mendukung pemerintah yang sekarang, kemaren ato yang bakal jadi pemerintah, tapi wempi mendukung langkah ini. apa bakal terjadi jika bbm disubsidi terlalu tinggi dan apa bakal terjadi jika bbm tidak disubsidi?
Pada prinsipnya blt adalah uang kompensasi buat rakyat miskin agar bisa membeli bbm dan kebutuhan lain dampak atas keputusan ini, bukan untuk modal usaha.
Mengenai solusi lain cobalah kita-kita ini bersatu mencarikan solusi lain jika memang bagus, bukan hanya memberikan bermaca-macam kritik yang bisa membuat sipembuat keputusan salah dalam mengambil keputusan.
Mengenai pengalihan subsidi kesektor lain, banyak kok yang sudah mulai tampak asalkan kita tidak hanya mencari-cari berita ato celah yang negatifnya saja dari sipengambil keputusan.
Wempi  - bwt: Adieska     |125.162.87.xxx |2008-05-11 22:08:02
wempi berharap dengan adanya beda pendapat jangan sampai ada permusuhan.
Kutip:
Basilang kayu di tungku mangko api ka iduik
Tulis Komentar..
Nama:
e-mail:
 
Website:
Judul:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Masukkan kode anti-spam yang tertera pada gambar.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
Wempi Satria
Wempi NoksPi